Masuk trimester akhir, Ibu hamil akan merasakan banyak hal yang membuatnya resah. Dalam hal ini, sebagai Ibu hamil, Anda wajib mengetahui apa saja yang akan Anda alami saat mendekati HPL. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan proses persalinan akan terjadi. Bahkan, Anda juga bisa mempersiapkan diri, lahir dan batin. Well, langsung saja simak tanda tanda akan melahirkan seminggu menjelang HPL!

Diare

Seminggu sebelum masa persalinan, Anda akan sering mengalami muntah, mual, bahkan diare. Di trimester akhir, usus bekerja ekstra untuk menghasilkan hormon lebih yang akan membantu proses persalinan. Akibatnya, di masa ini, Ibu hamil akan mengalami diare.

Ketuban merembes atau pecah

Gejala ini sangat umum dan bahkan sering dialami oleh para ibu hamil. Ini terjadi saat usia kandungan sudah mendekati HPL.  Umumnya, Ibu hamil akan mengalaminya seminggu sebelum melahirkan. 

Jika air ketuban hanya sekedar merembes dan kondisinya wajar, Anda tak perlu panik. Anda masih bisa beraktivitas seperti biasa. Yang perlu diingat, Anda bisa memakai pembalut agar ketuban tidak merembes ke mana-mana.

Namun, jika ketuban tersebut pecah atau merembes deras, Ansa lebih baik langsung periksa ke dokter kandungan. Hal ini meminimalisir risiko buruk pada Ibu hamil beserta kandungannya. Kemungkinan besar, kondisi tersebut menandakan bahwa waktu melahirkan begitu dekat.

Kontraksi sering dan kuat

Tanda tanda akan melahirkan selanjutnya adalah kontraksi. 1 minggu sebelum masa persalinan, Anda akan lebih sering mengalami kontraksi. Bahkan, kontraksi tersebut semakin kuat dari hari ke hari.

Kontraksi menjelang persalinan biasanya terasa seperti nyeri sakit perut bahkan kram hebat seperti saat menstruasi. Nyeri tersebut bisa saja terjadi di perut bagian atas, bawah, ataupun keduanya. Bahkan, rasa nyeri juga terasa di punggung bawah dan menyebar hingga ke kaki. 

Penurunan berat badan

Gejala ini juga sering terjadi. Mendekati HPL, ketuban akan semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan BB Ibu hamil mengalami penurunan. Namun, Anda tak perlu cemas! Penurunan berat badan di trimester akhir tak berpengaruh pada janin. Dalam hal ini, BB Anda pun masih terbilang normal. 

Itulah tanda tanda akan melahirkan yang umumnya dirasakan oleh semua wanita hamil. Jika Anda merasakan salah satu atau bahkan semuanya, kemungkinan besar, Anda akan menjalani proses persalinan dalam waktu 1 minggu ke depan.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *