Setidaknya saat ini telah terdapat lebih dari 5000 jenis mata uang kripto yang telah terdaftar. Sementara untuk crypto Indonesia itu sendiri regulasi cryptocurrency telah diatur oleh Bappeti. Regulasi tersebut membuat industri mata uang digital  memiliki naungan hukum yang jelas, sehingga saat in keberadaannya makin berkembang di Indonesia. 

Dalam artikel ini akan diulas mengenai apa saja mata uang digital yang paling digemari oleh masyarakat milenial di Indonesia. Karena perlu Anda ketahui bahwa saat ini terdapat beberapa mata uang crypto yang digemari oleh milenial, khususnya di negara Indonesia. Berikut adalah daftar – daftarnya antara lain :

Apa Saja Kripto yang Paling Diminati Oleh Kaum Milenial di Indonesia Saat Ini ?

 

  • Bitcoin

Bitcoin adalah aset digital yang telah ada sejak tahun 2009 silam. Kemunculan dari Bitcoin ini berawal dari klaim seorang developer yang memiliki nama samaran Satoshi Nakamoto. Ia menyatakan bahwasanya telah menciptakan mata uang digital yang tidak memerlukan adanya perantara serta terdesentralisasi. 

Bitcoin mempunyai harga yang sangatlah volatil serta bisa mengalami perubahan hanya dalam hitungan menit saja. Banyak sekali orang yang percaya bahwa Bitcoin merupakan emas digital yang baru. 

Nilai Bitcoin telah mengalami peningkatan hingga mencapai sebesar 2300 persen sejak tahun 2015 hingga tahun 2020 di tahun lalu. Saat ini harga Bitcoin telah berada di kisaran sekitar 130 juta untuk tiap kepingnya.

  • Ethereum

Ethereum ini adalah platform yang terdesentralisasi yang bisa menjalankan sebuah protokol smart contract, yang mana Ethereum ini dikenal sebagai aplikasi pemrograman yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu adanya sensor down time, penipuan ataupun gangguan yang berasal dari pihak lain.

Ethereum digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi dengan menggunakan protokol smart contract termasuk di sini transfer uang elektronik dalam bentuk token atau ether yang ada di atas blockchain Ethereum.

  • Ripple

Ripple (XRP) adalah mata uang digital yang saat ini cukup populer di Negara Indonesia. Nilai kapitalisasi untuk mata uang ini yaitu mencapai sebesar 8,500,820,090. Ripple adalah sebuah protokol open source yang mana dirancang untuk dapat menciptakan transaksi dengan lebih murah dan cepat. 

Selain itu, Ripple ini juga mempunyai mata uang yang bernama xrb dan berfungsi sebagai exchanger bagi mata uang fiat, kripto dan komodiat. Tujuan diciptakannya mata uang ini yaitu sebagai alat pembayaran global dengan basis internet protocol. Dengan begitu mata uang digital ini bisa digolongkan sebagai platform serta cryptocurrency.

  • Tether

Mata uang digital seperti halnya Bitcoin, mempunyai volatilitas yang tinggi. Oleh karena itulah diperlukan aset kripto yang nilainya dapat dipatok oleh benda fisik dengan nilai yang cukup stabil, seperti contohnya komoditas emas ataupun mata uang fiat. Aset kripto itu sendiri dikenal dengan sebutan Stablecoin, dan salah satu yang cukup populer yaitu Tether.

Nilai dari tether itu sendiri dipatok dengan nilai dolar Amerika serikat dan fiat lainnya. Tujuan utama dari tether itu  yaitu untuk melindungi nilai terhadap volatilitas pasar serta untuk menyediakan likuiditas.

  • Rupiah Token (IDRT)

Sementara untuk mata uang digital yang terakhir yaitu rupiah token. Ini merupakan stablecoin yang didukung oleh mata uang rupiah. Rupiah token merupakan aset kripto yang pertama di Indonesia dan memiliki nilai yang cenderung stabil 1 banding 1 dengan mata uang rupiah.  Semoga artikel ii bermanfaat .

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *