Peer to peer lending adalah salah satu bagian dari fintech, sedangkan fintech adalah inovasi teknologi yang menjanjikan. Banyak sekali fungsi dari fintech dan mengapa harus ada fintech di Indonesia, ini karena Fintech sangat penting terutama dalam perputaran keuangan yang ada di Indonesia.

Fintech adalah: apa saja fungsi dan pentingnya fintech?

  1. Fintech Adalah

Majunya teknologi di Indonesia ini merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi digital. Finansial teknologi adalah sebuah istilah yang dapat dipakai untuk melakukan definisi inovasi teknologi dalam layanan keuangan secara umum, istilah ini merujuk pada produk teknologi hingga model bisnis.

Fintech adalah salah satu teknologi yang merujuk pada integrasi teknologi oleh perusahaan dalam bidang jasa keuangan. Hal ini penting untuk peningkatan penggunaan dan pelayanan pada konsumen. Demikian karena teknologi ini mengacu pada penggunaan inovatif tentang teknologi dalam desain.

Penerapan teknologi ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai jenis segmen bisnis termasuk pinjaman, saran, hingga manajemen investasi dan pembayaran tertentu. Fintech juga merupakan salah satu teknologi baru serta delivery model guna pelengkap proses penyampaian layanan.

Peer to peer lending adalah salah satu fintech yang sangat berguna di area keuangan. Ada yang mengungkapkan bahwa fintech adalah hasil gabungan antar jasa keuangan berikut teknologi yang mengubah model bisnsi dari konvensional menjadi moderat sehingga lebih canggih dan membantu.

Model bisnis tersebut juga membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran yang jauh lebih efisien, efektif dan lebih ekonomis. Fintech juga sangat menguntungkan, karena fungsi dari fintech sendiri salah satunya adalah penerapannya dalam perusahaan hingga industri keuangan pastinya.

  1. Fungsi Fintech

Salah satu fungsi fintech di Indonesia adalah adanya mobile payment dan cashless payment. Seperti yang kita pahami bahwa tak hanya start up namun juga perbankan hingga perusahaan besar yang melakukan integrasi teknologi dan sektor keuangan. Integrasi teknologi ini menjadi lebih aman.

Tak hanya lebih aman saja, sebab menjadi lebih cepat  dan lebih efisien. Hal ini merujuk pada berbagai macam fintech yang diterapkan dalam industri jasa keuangan dan terbukti menguntungkan. Salah satunya digital lending and credit yang mana peer to peer lending yang memudahkan pinjaman uang.

  1. Pentingnya Fintech

Fintech adalah inovasi teknologi yang telah resmi terutama dalam peraturan jasa keuangan. Karena layanan ini adalah salah satu layanan yang jika memenuhi syarat akan berbentuk perseroan terbatas atau koperasi. Dan biasanya koperasi wajib mempunyai modal pribadi sejumlah yang ditentukan.

Fintech sangat penting karena dengan adanya Fintech maka akses pendanaan akan menjadi jauh lebih baik. Ini dikarenakan fintech adalah salah satu teknologi yang telah menjangkau ke berbagai macam kalangan masyarakat, salah satu inovasi teknologi yang melakukan hal itu adalah peer to peer lending.

Adanya Fintech adalah untuk mempermudah anda untuk mengakses dan memahami cara mendapat bantuan pendanaan sehingga dapat dengan mudah menunjang aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu saja sebab transaksi keuangan anda akan menjadi jauh lebih mudah pastinya.

Jadi saat melakukan transaksi keuangan anda tak perlu repot untuk mengunjungi bank atau ATM. Hal ini karena anda dapat dengan mudah mengakses hal tersebut melalui smartphone atau perangkat lainnya. Terlebih dengan fintech maka taraf hidup masyarakat akan menjadi jauh lebih meningkat.

Terlebih jika masyarakat mendapat akses untuk dana tersebut, tentunya akan sangat mudah untuk membiayai aktivitas finansial. Hal ini juga akan memberikan dampak yang sangat baik terutama dalam peningkatan dan kesejahteraan hidul serta taraf hidup masyarakat di Indonesia.

Meningkatnya inklusi keuangan masyarakat juga dapat terdukung dengan mudah karena keterlibatan masyarakat ini didukung penuh oleh fintech. Fungsi fintech adalah untuk memberi jembatan ke berbagai macam transaksi ekonomi masyarakat hingga inklusi keuangan akan mmeningkat

Finansial teknologi juga dapat dengan mudah mempercepat perputaran ekonomi yang ada di Indonesia. Adanya Fintech tentu saja sangat penting, karena akses keuangan dan bertransaksi akan menjadi jauh lebih mudah. Sehingga memang harus mendukung arus perputaran ekonomi untuk itu.

Fintech juga telah dikembangkan oleh berbagai macam perusahaan utamanya di Indonesia, bahkan itu adalah perusahaan ternama.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.