Seorang tukang las di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, membuat eksperimen dengan membuat sebuah helikopter. Tukang las bernama lengkap Muhammad Irwan Piliang tersebut merakit helikopternya menggunakan peralatan sederhana. Helikopter ini dia buat dari kerangka besi bekas dengan motor penggerak mesin sepeda motor.

Namun, begitu selesai dibuat, pria berumur 56 tahun itu merupakan warga Kelurahan Mekar Baru, itu gagal mendapatkan izin dari aparat saat akan melakukan ujicoba terbang perdana di Lapangan Hoki Kisaran. Plt Lurah Mekar Baru, Hermansyah tidak merestui niatnya. "Kami sudah memanggil pak Irwan, dan kami memutuskan untuk tidak mengizinkan penerbangan tersebut dilakukan di Lapangan Hoki Kisaran," kata Hermansyah, Minggu (28/3/2021).

Dia mengatakan, adapun alasan pihak kelurahan tidak mengizinkan Irwan menerbangkan helikopternya karena tidak ingin mengambil risiko. "Lapangan ini kan dekat dengan keramaian penduduk," kata Hermansyah. Kemudian, sambungnya, alasan lain pihak kelurahan tidak memberi izin lantaran mempertimbangkan faktor keramaian.

Hermansyah khawatir, jika uji terbang perdana helikopter ini dilakukan, maka akan memicu keramaian publik. Dia tidak mau ada kerumunan massa di tengah situasi pandemi Covid 19. "Selain masalah antusias warga, helikopternya itu belum melalui uji kelayakan terbang, dan kekuatan besinya juga belum diketahui," kata Hermansyah.

Kalaupun nantinya Irwan bersikeras ingin menerbangkan helikopter tersebut, maka setiap risiko akan ditanggung oleh pribadi Irwan. Meskipun begitu, ia tetap mengapresiasi karya Irwan tersebut. "Kami mengapresiasi usaha pak Irwan, dia hebat, namun kami tidak ingin mengambil risiko terlalu besar untuk mengizinkannya," katanya.

Sebelumnya, Irwan mengatakan bahwa dirinya akan menjadikan Lapangan Hoki Kisaran sebagai helipad perdananya. "Nanti dibawa menggunakan mobil pikap tetangga. Mereka antusias dengan buatan saya ini," katanya. Saat ditemui, Irwan mengatakan bahwa rencananya helikopternya itu akan diterbangkan sekira pukul 10.00 WIB.

Adapun niat Irwan menerbangkan helikopter tersebut untuk membuktikan tudingan masyarakat, bahwa dirinya bukan orang gila. "Karena banyak yang bilang saya gila. Jadi ini akan saya buktikan orang gila ini bisa membanggakan Kabupaten Asahan," pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *