Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test calon Kapolri di depan anggota Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021) lalu, sejumlah perwira tinggi dan menengah Polri ikut mendampinginya. Mulai dari Wakapolri Komjen Gatot Edhy Pramono, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, hingga Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta. Ada pula Ketua Konferensi Polwan Brigjen Ida Oetari.

Namun, dari sederet perwira yang mendampingi Sigit itu, terselip satu sosok yang ikut mencuri perhatian. Seorang polwan muda berjilbab. Ia bukan perwira menengah, apalagi perwira tinggi. Polwan tersebut duduk tepat di belakang Sigit selama fit and proper test berlangsung.

Belakangan polwan tersebut diketahui bernama Iptu Novita Rindi. Saat fit and proper test ia bertugas sebagai operator dalam penyampaian makalah Sigit. Tak hanya menjadi operator, Novita juga ikut membantu proses penulisan paparan hingga desain makalah yang dibacakan Sigit.

"Iya, saya juga bantu siapin bahan paparan juga kan, sebelumnya. Iya termasuk (mendesain) makalah," ucap Novita. Kehadiran Novita dan juga Brigjen Ida Oetari mendampingi Sigit saat fit and proper test itu sempat dipuji anggota Komisi III DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah. Ia memuji Listyo yang memiliki dua orang polwan berjilbab di dalam timnya.

Menurut Dimyati, langkah Listyo itu cerdas dan membuat Komisi III DPR terpesona. "Saya senang, Pak, tim bapak ini (ada) dua polwan berjilbab. Ini tanda tanda bapak cerdas ini. Ini kami sudah terpesona," kata Dimyati. Lantas siapakah sebenarnya Iptu Novita Rindi?

Ternyata perempuan asli Bandung, kelahiran 15 November 1993 itu adalah polwan yang berdinas di Mabes Polri sebagai Spripim Polri. Sehari hari tugasnya bersinggungan dengan kegiatan yang berkaitan dengan Kapolri. Komjen Listyo Sigit sendiri yang menunjuk Novita menjadi operatot saat fit and proper test.

Novita pun senang mendapat kepercayaan tersebut. Sebab, orang yang dipercayai bisa masuk ke dalam ruangan fit and proper test sangat terbatas. Apalagi kehadirannya saat fit and proper test itu ternyata juga dipuji oleh anggota DPR.

"Kalau ditanya pasti senang dan bangga. Apresiasinya ternyata positif tentang kehadiran saya. Saya juga terima kasih kepada Pak Sigit telah diberikan kesempatan mendampingi beliau secara langsung di fit and proper test," kata Novita. Novita merupakan lulusan Akademi Kepolisian 2015. Angkatannya dikenal dengan Anindya Yodha. Meski lahir di Bandung, Novita lebih banyak menghabiskan masa studinya di Jakarta.

"Saya besar kecil di Bandung, cuma tahun 97 98 saya sudah di Jakarta sih, jadi SD SMP SMA di Jakarta," ucap Novita. Sejak belia Novita sudah terinspirasi bergabung bersama dengan Korps Bhayangkara. Ia terpukau melihat aksi polisi di jalan atau di televisi. Belakangan mimpi itu berhasil ia raih.

"Berawal jadi cita cita kecil, pengen jadi polwan, ngeliat polisi di jalan, cita cita sih. Kalau apa yang motivasi ya cita cita kan semua berawal dari mimpi," ucapnya. Sebenarnya, saat lulus SMA Novita sempat dilema karena orang tuanya tidak punya biaya untuk pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Pada 2011 dia sempat diterima Universitas Padjajaran (UNPAD) jurusan Hubungan Internasional (HI).

Namun karena alasan keterbatasan biaya, dia memilih mundur dan mencari sekolah dinas. "Karena memang saat itu kondisi keluarga memang lagi tidak baik. Saya waktu itu sempat diterima di UNPAD jurusan hubungan internasional. Ttapi karena tidak ada biaya, saya cari sekolah dinas," katanya. Novita kemudian mencoba menggapai cita cita masa kecilnya menjadi seorang polwan.

Dia mengikuti seleksi akadami kepolisian pada tahun 2011. Nasib Novita terbilang mujur karena ia langsung diterima Akpol pada pendaftarannya yang pertama kali. Tak butuh waktu lama, dia pun menyelesaikan pendidikannya hanya dalam kurun waktu 4 tahun.

"Pertama kali daftar langsung masuk. Akpol ini saya ingin dari dulu. Alhamdulillah masuk dilancarkan sama Allah SWT tahun 2011 masuk dan lulus tahun 2015," jelasnya. Lulus dari Akpol, Novita masuk dalam kedinasan Reserse. Ia sempat juga mencicipi bertugas di Korps Lalu Lintas, tapi tidak lama. "Pernah di Lantas, tapi cuma sebentar. Lalu saya sekolah lagi di PTIK, kemudian dinas di Divhubinter dan terakhir di Spripim Polri," kata Novita.

Saat bertugas di Ditlantas Polda Jawa Barat, Novita merupakan bagian dari tim Brigade Motor Mojang Lodaya. Dari dari Korps Lalu Lintas, ia dipindahkan ke Reserse menjadi Kanit IV PPA Polres Majalengka. Di Polri Novita termasuk polisi yang berprestasi.

Pada tahun 2018 ia terpilih menjadi Polisi Teladan Polres Majalengka Polda Jabar. Ia juga pernah masuk 100 Besar Kompetisi Paper Internasional di Rusia tahun 2019. Kemudian saat bertugas di Divhubinter, ia pernah menangkap salah satu buronan interpol WN Hungaria Andras Pucher, terkait kasus penipuan pada Februari 2020.

Per Juli 2020, Novita bertugas di Spripim Polri. Dalam tugas barunya itu ia bersinggungan dengan segala kegiatan yang berkaitan dengan Kapolri. Hingga akhirnya, namanya tenar usai mendampingi Sigit dalam fit and proper test. Sebagai orang yang bertugas melayani Kapolri, Novita menilai Sigit adalah sosok yang arif dan bijaksana di lingkungan Polri.

Mantan Kapolres Sukoharjo itu kata dia tidak pernah absen mengingatkan semua stafnya untuk beribadah. "Pastinya bapak selalu ingatkan kok, setiap anggota laksanakan ibadah sesuai waktunya," kata Novita. Selain beribadah, Sigit juga menekankan anggotanya untuk selalu profesional sesuai dengan makalah visi misi yang ia bawakan saat fit and proper test.

"Yang pasti Bapak berpesan kami jadi yang terdepan untuk sosialisasi programnya, karena kami yang melaksanakan, dan karena kami kan yang tergabung dalam fit and proper test dan kan kami yang masuk kan mas. Jadi kami yang terdepan mensosialisasikan program," ucap Novita. Novita berharap saat menjadi Kapolri nanti Sigit bisa membawa Polri ke arah yang semakin baik lagi. "Saya sih harapannya Bapak dapat membawa Polri menjadi arah yang lebih baik. Bukan berarti yang kemarin tidak baik. Tetapi yang sudah baik, namun bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Profil Iptu Novita Rindi Nama : Novita Rindi Pratama, S.T.K., S.I.K., M.H. Jenis Kelamin: Perempuan Tempat & tanggal lahir: Bandung, 15 November 1993 Nama suami: Wan Deni Ramona Gusti, S.T.K., S.I.K. (menikah pada tahun 2019) Karier Iptu Novita 1. Lulusan Akpol Tahun 2015 2. Kanit IV PPA Polres Majalengka 2015 2018 4. Kanit Laka Lantas Polres Majalengka 2018 5. Pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian atau PTIK 2018 2019 6. Personel Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri 2019 2020 7. Spripim Kapolri Juli 2020 Sekarang

Prestasi Iptu Novita 1. Polisi Teladan Polres Majalengka Poldaa Jabar Tahun 2018 2. 100 Besar Kompetisi Paper Internasional di Rusia tahun 2019 3. Salah satu personil yang membantu Kepolisian Hungaria dalam mengekstradisi buronan Interpol an Andras Pucher tahun 2020 4. Tim Brigade Motor Mojang Lodaya

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.