Pihak PLN masih memberikan bantuan keringanan tagihan biaya listrik kepada pelanggan, sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak pandemi Covid 19. Program token listrik gratis dan diskon, dapat diakses oleh beberapa golongan pelanggan layanan PLN. Bantuan keringanan tagihan listrik dari PLN berjalan sejak 2020 dan masih berlanjut hingga tahun 2021.

Token Listrik gratis dan diskon dapat diklaim oleh pelanggan tertentu yang memenuhi syarat, secara online. Pihak PLN juga menegaskan, bantuan stimulus COVID 19 adalah program pemerintah, tanpa ada biaya tambahan. Untuk menggunakan layanan bantuan listrik gratis dan diskon, masyarakat dapat melakukan klaim token dengan dua cara mudah berikut ini.

Buka website . Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs . Masuk ke menu ' (Token Gratis/Diskon)'

Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia. Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar. Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan.

Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi. Di setiap bulannya, warga harus selalu login kembali atau mengulang kembali dengan cara yang sama untuk mendapatkan listrik gratis dan token diskon 50 persen. Buka aplikasi PLN Mobile

Klik "PLN Peduli Covid 19" pada bagian Info & Promo Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter Token gratis akan muncul

Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Bantuan token listrik PLN diperpanjang sejak Januari hingga Maret 2021. Token gratis diberikan pihak PLN kepada pelanggan dengan daya R1/450 VA.

Diskon 50 persen biaya token listrik juga diberikan PLN kepada pelanggan dengan daya R1/900 VA. Pelanggan Rumah Tangga (R1), pelanggan Bisnis Kecil B1/450 VA dan Industri Kecil I1/450VA juga mendapatkan akses listrik gratis dari PLN. Pembebasan ketentuan rekening minimum diberikan kepada golongan sosial, bisnis dan industri 1.300 VA ke atas dan golongan layanan khusus.

Sementara pembebasan biaya beban atau abodemen diberikan kepada golongan sosial 220, 450 dan 900 VA, Bisnis dan Industri 900 VA. Pada APBN tahun 2021, pemerintah menyiapkan dana Rp 110 triliun untuk program perlindungan sosial. Program bantuan ini meliputi kartu sembako, program Keluarga Harapan, bantuan sosial tunai, Kartu Prakerja, Dana Desa, hingga diskon listrik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.