Sebelumnya, sudahkah Anda tahu apa sih yang dimaksud dengan probiotik ini? Dan, mengapa probiotik ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk bayi? Sebelum membahas mengenai manfaatnya, kami akan menjelaskan terlebih dulu mengenai pengertian dari probiotik ini.

Anda pasti tahu tubuh kita sejak lahir memiliki berbagai macam mikroorganisme seperti bakteri yang terdiri dari dua jenis, yakni bakteri jahat dan bakteri baik. Nah, bakteri baik punya manfaat bagi tubuh inilah yang disebut dengan probiotik.

Lalu, apakah bayi harus mulai mengonsumsi suplemen probiotik untuk bayi sehingga dapat membantu tumbuh kembangnya semakin baik?

Sebenarnya tanpa suplemen pun, probiotik alami untuk bayi sudah ada sejak mereka lahir. Namun, Anda bisa menambahkan prebiotik atau makanan yang membantu perkembangan mikroorganisme di tubuh bayi. Makanan itu berupa buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Inilah 5 Manfaat Probiotik Untuk Bayi

Nah, setelah tahu cara mengembangkan probiotik secara alami. Kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa saja manfaat probiotik ini.

  1.     Melancarkan Pencernaan

Karena menyehatkan usus, probiotik ini bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Sehingga membantu mengurangi berbagai macam masalah usus yang terjadi pada bayi.

  1.     Dapat Meningkatkan Imun dan Kecerdasan Otak Bayi

Karena dapat melancarkan salauran pencernaan, tentu saja probiotik ini akan membantu meningkatkan sistem imun dan kecerdasan otak bayi. Penyerapan gizi makanan menjadi lebih maksimal dan diserap dengan baik oleh tubuh bayi.

  1.     Mengurangi dan Mencegah Kolik

Terdapat penelitian dari  National Center for Biotechnology Information yang mengatakan, bahwa bayi yang semakin banyak mengonsumsi probiotik memiliki frekuensi menangis yang rendah.

  1.     Mengurangi Tingkat Alergi

Karena dapat membuat keseimbangan bakteri pada tubuh, tingkat alergi juga bisa berkurang seiring waktu.

  1.     Meningkatkan Mood Pada Bayi

Karena melancarkan pencernaan tadi, gizi dalam makanan juga membantu bayi untuk menjaga moodnya. Sehingga bayi terhindar dari stress. Inilah mengapa frekuensi menangisnya pun berkurang.

Nah, itu dia 5 manfaat probiotik untuk bayi yang perlu Anda ketahui. Selain prebiotik, Anda juga bisa menambahkan makanan probiotik untuk bayi seperti susu. Namun, diharapkan tetap dengan pengawasan dokter ya. Karena probiotik yang berlebihan juga tidak baik untuk bayi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *