Reksadana merupakan produk investasi yang ditempatkan di pasar modal oleh manajer investasi yang ahli selaku pihak berwenang dalam mengelola dana.  Dana tersebut yang berasal dari masyarakat dipercayakan kepada manajer investasi untuk dikelola secara baik hingga mampu memberikan keuntungan bagi pemilik dana tersebut.

Reksadana adalah pilihan terbaik dan sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai berinvestasi pertama kalinya. Namun mereka tidak mencukupi  dalam segi pengetahuan dan keterampilan dalam berinvestasi yang menguntungkan.

Mengenal Apa Itu Reksadana dan Kelebihannya

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa kelebihan apa itu reksadana yang perlu anda ketahui, antara lain :

  1. Resiko rendah

Bagi anda yang tidak berani dalam menghadapi investasi beresiko tinggi maka anda bisa memilih investasi reksadana. Karena investasi reksadana tidak mempunyai resiko tinggi. Investasi reksadana mempunyai tingkat resiko yang rendah dibandingkan investasi saham ataupun investasi  beresiko tinggi lainnya.

  1. Cocok bagi pemula

Bagi seorang pemula ketika memutuskan hendak berinvestasi terkadang dipusingkan dengan pemilihan jenis produk investasi yang akan dipilihnya. Tentu ada banyak pertimbangan bagi seorang calon investor pemula. Seperti pertimbangan dari segi resiko. Pada umumnya bagi pemula sebaiknya memilih jenis investasi yang mempunyai tingkat resiko rendah. Karena ini berkaitan dengan uang yang diinvestasikan bisa rugi besar jika harus memilih investasi dengan resiko tinggi bagi pemula.

  1. Ditangani langsung oleh manajer investasi yang ahli dan profesional

Kelebihan lain dari investasi reksadana adalah ditangani langsung oleh manajer investasi yang ahli dan sangat profesional. Sang manajer investasi dalam perusahaan sekuritas sangat pandai dalam menempatkan uang pada sektor investasi yang memberikan return yang sangat tinggi. Sehingga keuntungan dari investasi reksadana begitu sangat menjanjikan.

  1. Berbagai variasi jenis

Investasi reksadana dapat ditempatkan pada berbagai instrumen investasi. Seperti  saham sehingga dinamakan reksadana saham. Begiitu juga dapat ditempatkan pada produk investasi di pasar uang sehingga disebut reksadana pasar uang. Bisa juga ditempatkan pada obligasi dan lain sebagainya.

  1. Menguntungkan

Salah satu tujuan utama dari seseorang melakukan investasi adalah mendapatkan laba atau untung. Besaran keuntungan bervariasi tergantung jenis instrumen produk investasi yang dipilih. Keuntungan inilah yang akan diperoleh oleh investor reksadana.  Investor tinggal hanya duduk manis menikmati keuntungan reksadana. Semua urusan pengelolaan reksadana dikelola oleh manajer investasi yang amanah dan profesional.

  1. Resiko rendah

Kelebihan berikutnya dari investasi reksadana adalah tingkat resiko kerugian yang sangat kecil. Hal tersebut berbanding terbalik dengan produk investasi saham yang memiliki tingkat resiko sangat besar. Walaupun tingkat resiko lebih kecil namun keuntungan reksadana sangat menjanjikan. Tingkat keuntungan investasi reksadana lebih besar dari tingkat keuntungan investasi pada produk investasi deposito.

  1. Modal kecil

Secara umum berdasarkan anggapan setiap orang untuk memulai investasi memerlukan modal uang yang sangat besar. Namun semua itu terbantahkan dengan adanya produk investasi reksadana. Karena untuk memulai investasi yang menjanjikan.

Seperti pada produk investasi reksadana tidak membutuhkan modal uang yang besar. Seseorang cukup menyisihkan uang sebesar Rp 100 ribu maka seseorang sudah dapat memiliki investasi reksadana.

  1. Waktu yang lebih lapang

Investasi reksadana sangat cocok dijalankan oleh mereka yang sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk melakukan analisis jenis investasi yang menjanjikan dan mengikuti terus perkembangan keuntungan investasi.  Karena semua pekerjaan tersebut diserahkan pada manajer investasi. Tugas investor hanya menyertakan modal.

Tugas seorang manajer investasi adalah menempatkan uang anda dan masyarakat  pada jenis investasi yang tepat dan memberikan keuntungan tinggi. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis kinerja investasi.

Anda hanya duduk dengan tenang dan menerima keuntungan dari reksadana secara rutin dari manajer investasi profesional.

Untuk mendapatkan modal usaha untuk memulai investasi reksadana maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan investasi terlebih dahulu. Seperti berinvestasi pada peer to peer lending di Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.