Pemerintah membentuk tim khusus untuk melacak varian baru hasil mutasi Covid 19 seperti di Inggris dan Afrika Selatan.Untuk itu, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Riset dan Teknologi/ BRIN menandatangani kerja sama surveilans genom virus corona SARS CoV 2. Kerja sama ini juga sebagai upaya untuk menekan penularan virus SARS CoV 2 di Indonesia. Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro menyebut bahwa tujuan dari surveilans genom ialah mengurangi tingkat penularan Covid 19.

"Tujuan genomic surveilans pertama adalah mengurangi tingkat penularan atau infeksi, yang kita tahu sampai saat ini di Indonesia masih menjadi tantangan buat kita semua," tutur Bambang saat acara penandatanganan MoU secara virtual, Jumat (8/1/2021). Tujuan kedua dari penelitian ini ialah meningkatkan kesembuhan pasien yang sudah positif Covid 19. Lewat kerjasama ini, penelitian Surveilans Genom ini tak hanya melibatkan Litbangkes Kementerian Kesehatan dan Lembaga Eijkman saja, tetapi juga beberapa perguruan tinggi dan lembaga yang selama ini sudah banyak terlibat dalam kegiatan Genom Sequencing.

"Kita juga harus memaksimalkan keberadaan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun peralatan yang memang sangat dibutuhkan untuk melakukan penelitian genomik surveilans," ungkap Bambang. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *